•  
  •   
  • Selamat Datang

    Di Website Resmi Pengadilan Agama Batam Kelas 1 A. Website ini merupakan website pengadilan yang sudah sesuai dengan Pedoman Rancangan dan Prinsip Aksesibilitas Website Pengadilan di Lingkungan Mahkamah Agung. Selain itu website ini dapat diakses oleh masyarakat yang difable.

    Selanjutnya

  • Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Batam Kelas I A

    Assalamu'alaikum wr. wb. Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas terwujudnya situs resmi Pengadilan Agama Batam dengan alamat http://www.pa-batam.go.id/ ini. Situs ini merupakan media informasi yang dapat dimanfaatkan tidak..

    Selanjutnya

  • Mudahnya Menelusuri Perkara

    Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) merupakan Portal Pelayanan Informasi Perkara bagi Masyarakat Pencari Keadilan yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

    Telusur SIPP

  • Direktori Putusan

    Pencari keadilan dapat mendapatkan salinan putusan dengan cepat dan mudah dengan mengakses Direktori Putusan Mahkamah Agung RI satuan kerja Pengadilan Agama Batam Kelas 1 A.

    Direktori Putusan

  • Zona Integritas

    Pengadilan Agama Batam I A berkomitmen dalam Pembanguna Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) Dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

    TULUSURI

KEGIATAN KULTUM BAKDA SHALAT ZUHUR.

Senin tanggal 6 Mei 2019 Miladiyah bersamaaan dengan tanggal 01 ramadhan 1440 Hijriyah Pengadilan Agama Batam laksanakan kegiatan ramadhan sesuai dengan yang telah di programkan. Ada beberapa kegiatan yang telah dirancang sebelumnya oleh Drs. H. Basuni, S.H., M.H.  selaku Ketua Pengadilan Agama Batam, yang merupakan kegiatan untuk mengisi shiyaamu ramadhan di Pengadilan Agama Batam untuk tahun 2019 M / 1440 H tanpa mengurangi pelayanan yang prima bagi pencari keadilan.

Di awal taushiyahnya Dr. H. Barmawi, M.H., yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Rokan Hulu tersebut membacakan sepotong hadis yang artinya: “ ada dua nikmat yang sering terlupakan oleh manusia, yaitu nikmat kesehatan dan kesempatan”.

Di hari petama ramadhan 1440 Hijriyah kegiatan awal ramadhan diisi dengan kultum bakda shalat zuhur. Dan untuk mengisi kultum perdana ini adalah  Dr. H. Barmawi, MH yang merupakan salah seorang hakim Pengadilan Agama Batam.  Dalam kultumnya beliau mengutip sepotong firman Allah SWT dalam surat al Baqarah ayat 183, yang artinya : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, maka kamu pasti jadi orang bertaqwa.”

Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa, Allah SWT membuka ladang amal seluas-luasnya bagi orang beriman di bulan ramadhan agar mereka mampu dan dapat meraih taqwa dengan melaksanakan shiyaam dan qiyaam ramadhan. Orang-orang yang melaksanakan shiyaam dan qiyaam ramadhan yang berkualitas dan memberikan porsi amal sholeh yang maksimal lah yang akan mampu meraih prediket taqwa sebagaimana yang dijanjikan Allah SWT. Dan mereka-mereka itu pulalah sebenarnya yang paling cocok merayakan ‘Idul fitri setelah ramadhan pergi nantinya.

Ada dua kata “fithri” kita temukan kaitannya dengan ramadhan. Yang pertama adalah “zakatu al fitri dan kedua ‘Idul fitri“. Apa relevansinya dua kata tersebut ada pada bulan ramadhan. Jawabannya adalah  ketika ramadhan berlalu, maka orang-orang yang beriman akan kembali menemukan existensi dan jati diri sebenarnya seperti halnya ketika dia baru lahir dari perut ibunya yakni bersih dari segala dosa dan noda. Dengan amal-amal sholeh yang dilaksanakan dibulan ramadhan baik disiang ramadhan maupun di malam ramadhan seperti tarawih, tadarrus , qiyamul lail dsb. Perbanyak infaq, shalat-shalat sunat dsb. Rasulullah SAW bersabda artinya: pergunakanlah lima perkara sebelum datang lima perkara, diantaranya “ pergunakanlah hidup sebelum matimu.....” Oleh karena kesempatan ramadhan berikutnya tidak ada jaminan kita akan dapat bertemu dengannya, tegas Barmawi di akhir taushiyahnya. ( TIM IT dan Humas PA.Btm )