•  
  •   
  • Selamat Datang

    Di Website Resmi Pengadilan Agama Batam Kelas 1 A. Website ini merupakan website pengadilan yang sudah sesuai dengan Pedoman Rancangan dan Prinsip Aksesibilitas Website Pengadilan di Lingkungan Mahkamah Agung. Selain itu website ini dapat diakses oleh masyarakat yang difable.

    Selanjutnya

  • Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Batam Kelas I A

    Assalamu'alaikum wr. wb. Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas terwujudnya situs resmi Pengadilan Agama Batam dengan alamat http://www.pa-batam.go.id/ ini. Situs ini merupakan media informasi yang dapat dimanfaatkan tidak..

    Selanjutnya

  • Mudahnya Menelusuri Perkara

    Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) merupakan Portal Pelayanan Informasi Perkara bagi Masyarakat Pencari Keadilan yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

    Telusur SIPP

  • Direktori Putusan

    Pencari keadilan dapat mendapatkan salinan putusan dengan cepat dan mudah dengan mengakses Direktori Putusan Mahkamah Agung RI satuan kerja Pengadilan Agama Batam Kelas 1 A.

    Direktori Putusan

  • Zona Integritas

    Pengadilan Agama Batam I A berkomitmen dalam Pembanguna Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) Dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

    TULUSURI

  • Aplikasi SILANTANG

    Aplikasi SILANTANG (Sistem Online Antrian Sidang)
    Merupakan Aplikasi Antrian Sidang Berbasis Online yang dapat digunakan untuk mengambil Nomor Antrian dan Melihat saat ini Nomor Perkara apa saja yang sedang dalam Proses Persidangan

    Website

KETUA PA BATAM SAMPAIKAN KULTUM BAKDA SHALAT ZUHUR

Batam||www.pa-batam.go.id

Selasa tanggal 7 Mei 2019 Miladiyah bersamaaan dengan tanggal 02 ramadhan 1440 Hijriyah Pengadilan Agama Batam laksanakan kegiatan ramadhan terutama dalam bentuk kultum bakda shalat zuhur. Dan untuk hari yang kedua ramadhan tahun ini kultum disampaikan langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Batam Drs. H.Basuni, S.H., M.H.

Di awal taushiyahnya Ketua Pengadilan Agama Batam, membacakan firman Allah SWT yang terdapat dalam surat al Baqarah ayat 183, yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, maka kamu pasti jadi orang bertaqwa.”

Ketua menjelaskan bahwa, tujuan puasa ramadhan adalah meraih taqwa. Nah, apa indikasinya orang-orang bertaqwa itu. Sebagai jawabannya beliau mengutip ayat Allah SWT dalam surat al-Baqaroh ayat 2 s/d 5 yang artinya: “ Alif laam miin. Kitab (Al Quran) itu tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa. (Yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka.  Dan mereka yang beriman kepada kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-Kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat. Mereka Itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung”.-

Dari ayat ini Allah SWT menjelaskan bahwa sipat orang-orang bertaqwa tersebut adalah orang yang ada dalam dirinya  sebagai yang digariskan Allah SWT  dalam ayat di atas secara totalitas. Artinya bebepa kriteria sebagai yang digariskan Allah SWT dalam ayat tersebut merupakan syarat kumulatif bagi orang beriman untuk meraih taqwa. Degan taqwa Allah SWT akan berikan solusi dan makhroj dari problema yang dihadapi, dengan taqwa Allah SWT berjanji akan memberikan rezeki yang tidak disangka-sangka datangnya, subhanallah, sebagaimana yang dijanjikan Allah SWT dalam surat ath tholaq ayat 3. Di akhir taushiyahnya Bapak H.Basuni berharap semoga pelaksanaan amal-amal romadhon tahun ini lebih berkwalitas dibanding tahun-tahun sebelumnya. Amin. (TIM IT PA BATAM)