•  
  •   
  • Selamat Datang

    Di Website Resmi Pengadilan Agama Batam Kelas 1 A. Website ini merupakan website pengadilan yang sudah sesuai dengan Pedoman Rancangan dan Prinsip Aksesibilitas Website Pengadilan di Lingkungan Mahkamah Agung. Selain itu website ini dapat diakses oleh masyarakat yang difable.

    Selanjutnya

  • Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Batam Kelas I A

    Assalamu'alaikum wr. wb. Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas terwujudnya situs resmi Pengadilan Agama Batam dengan alamat http://www.pa-batam.go.id/ ini. Situs ini merupakan media informasi yang dapat dimanfaatkan tidak..

    Selanjutnya

  • Zona Integritas

    Pengadilan Agama Batam I A berkomitmen dalam Pembanguna Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) Dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

    TULUSURI

Error: Data could not be displayed. Please Refresh Page.

HAKIM PA BATAM BERHASIL MELAKUKAN MEDIASI

 


Dr. H. Barmawi, M.H. sesaat setelah berhasil melakukan mediasi

Batam||www.pa-batam.go.id

Selasa (15/10/2019) Hakim Pengadilan Agama Batam, Dr. H. Barmawi, M.H. yang juga sebagai salah seorang Mediator, kembali berhasil mendamaikan para pihak yang bersengketa melalui proses Mediasi. Selaku Mediator, ini adalah keberhasilan yang sangat menggembirakan oleh karena antara pihak Nasabah Bank dengan Bank sudah terjadi miskomunikasi dalam waktu yang cukup lama. “Alhamdulillah, perkara-perkara yang dia mediasi lebih banyak berhasil damai dari pada gagal, tegas Dr. H. Barmawi, M.H.

Mediasi adalah merupakan salah satu cara yang harus dilalui oleh para pihak yang mengajukan perkara ke Pengadilan. Mediasi adalah cara penyelesaian sengketa melalui proses perundingan untuk memperoleh kesepakatan Para Pihak dengan dibantu oleh Mediator.

 

Dalam pasal 4 PERMA Nomor 1 tahun 2016 disebutkan bahwa: “Semua sengketa perdata yang diajukan ke Pengadilan termasuk perkara perlawanan (verzet) atas putusan verstek dan perlawanan pihak berperkara (partij verzet) maupun pihak ketiga (derden verzet) terhadap pelaksanaan putusan yang telah berkekuatan hukum tetap, wajib terlebih dahulu diupayakan penyelesaian melalui Mediasi, kecuali ditentukan lain berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung ini. “

Berbeda dengan perkara-perkara sebelumnya, kali ini Dr. H. Barmawi, M.H.  melaksanakan Mediasi terhadap sengketa para pihak dalam perkara ekonomi Syariah antara Pihak Nasabah Bank dengan Pihak Bank.Setelah melalui beberapa kali Mediasi, akhirnya kedua belah pihak ( pihak Nasabah dan Bank ) menempuh jalan damai dengan menerima dan sepakat terhadap beberapa solusi yang ditawarkan oleh Mediator. Keputusan tersebut diambil oleh ke dua belah pihak (pihak Nasabah dan Bank) tanpa ada paksanaan dari pihak manapun.   


Pihak Bank dan Nasabah Bank Berdamai Setelah Mediasi

Diakhir pertemuan di ruang Mediasi Pengadilan Agama Batam, setelah menanda tangani kesepakatan, para pihak bersalaman dengan penuh akrab mengakhiri sengketa yang sudah berjalan kurang lebih 4 tahun lamanya.  ( Humas dan Team IT  PA.Btm ).  

No Nomor Perkara Ruang Sidang Agenda
1 1147/Pdt.G/2019/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
2 1763/Pdt.G/2019/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
3 1732/Pdt.G/2019/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Memanggil Pemohon
4 1549/Pdt.G/2019/PA.Btm SIDANG IKRAR TALAK
5 1700/Pdt.G/2019/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Memanggil Penggugat