•  
  •  
  •   
  • AYOO.. Bersama Wujudkan Birokrasi Indonesia yang BERSIH & MELAYANI!

  • Selamat Datang

    Di Website Resmi Pengadilan Agama Batam Kelas 1 A. Website ini merupakan website pengadilan yang sudah sesuai dengan Pedoman Rancangan dan Prinsip Aksesibilitas Website Pengadilan di Lingkungan Mahkamah Agung. Selain itu website ini dapat diakses oleh masyarakat yang difable.

    Selanjutnya

  • Kata Pengantar Wakil Ketua Pengadilan Agama Batam Kelas IA

    Assalamu'alaikum wr. wb. Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas terwujudnya situs resmi Pengadilan Agama Batam dengan alamat https://www.pa-batam.go.id/ ini. Situs ini merupakan media informasi yang dapat dimanfaatkan tidak..

    Selanjutnya

  • Zona Integritas

    Pengadilan Agama Batam I A berkomitmen dalam Pembanguna Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) Dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

    TULUSURI

Selama masa pandemi kami menghadirkan inovasi SISMAIL, Untuk mengetahui Informasi Mengenai Biaya Perkara, Jadwal Sidang, Validitas Akta Cerai, Hitung Panjar Biaya Perkara dan banyak lagi cukup dengan 1 Aplikasi. Ayo Segera Unduh Aplikasi SISMAIL di Playstore. Terima Kasih. Berikut Fitur yang tersedia. Bingung Cara Menggunakannya? Klik Manual Book SISMAIL
Error: Data could not be displayed. Please Refresh Page.

Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi

PROSEDUR PELAYANAN PERMINTAAN INFORMASI

BERDASARKAN KEPUTUSAN MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

NOMOR: 1-144/KMA/SK/I/2011

 

  • Prosedur Biasa; dan
  • Prosedur Khusus.
  • Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik;
  • Informasi yang diminta bervolume besar;
  • Informasi yang diminta belum tersedia; atau
  • Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik atau informasi yang secara tegas dinyatakan sebagai informasi yang rahasia sehingga harus mendapat ijin dan diputuskan oleh PPID.
  • Termasuk dalam kategori yang wajib diumumkan;
  • Termasuk dalam kategori informasi yang dapat diakses publik dan sudah tercatat dalam Daftar Informasi Publik dan sudah tersedia (misal: sudah diketik atau sudah diterima dari pihak atau pengadilan lain);
  • Tidak bervolume besar (jumlahnya tidak banyak); dan/atau
  • Perkiraan jumlah biaya penggandaan dan waktu yang dibutuhkan untuk penggandaan dapat dilakukan dengan mudah.

 


A. Prosedur Biasa

Pelayanan informasi dengan menggunakan prosedur biasa yaitu Pemohon Informasi datang langsung memohon infomasi baik secara lisan maupun tertulis di Meja Informasi Pengadilan Agama Bandung.

  • Prosedur Pelayanan Biasa  dan Jangka waktu Penyelesaian Pelayanan sebagaimana gambar berikut:
  1. Pemohon mengisi Formulir Permohonan Informasi yang disediakan Pengadilan  dan memberikan salinannya kepada Pemohon (format Formulir Pemohonan  Model A dalam Lampiran III ).
  2. Petugas Informasi mengisi Register Permohonan (format Register Permohonan dalam Lampiran IV ).
  3. Petugas Informasi langsung meneruskan formulir permohonan kepada Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait, apabila informasi yang  diminta tidak termasuk informasi yang aksesnya membutuhkan ijin dari PPID.
  4. Petugas Informasi langsung meneruskan formulir permohonan kepada PPID apabila informasi yang diminta termasuk informasi yang aksesnya membutuhkan ijin dari PPID guna dilakukan uji konsekuensi.
  5. PPID melakukan uji konsekuensi berdasarkan Pasal 17 Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik terhadap permohonan yang disampaikan.
  6. Dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja sejak menerima permohonan, PPID menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Petugas Informasi, dalam hal permohonan ditolak (untuk menolak permohonan: format Pemberitahuan Tertulis Surat Keputusan PPID dalam Lampiran V ).
  7. Dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja sejak menerima permohonan, PPID  meminta Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait untuk mencari dan memperkirakan biaya penggandaan dan waktu yang diperlukan untuk  mengandakan informasi yang diminta dan menuliskannya dalam  Pemberitahuan Tertulis PPID Model B dalam waktu selama-lamanya 3 (tiga) hari kerja serta menyerahkannya kembali kepada PPID untuk ditandatangani, dalam hal permohonan diterima (untuk memberikan ijin: format Pemberitahuan Tertulis PPID dalam Lampiran VI ).
  8. Petugas Informasi menyampaikan Pemberitahuan Tertulis sebagaimana dimaksud butir 6 atau butir 7 kepada Pemohon Informasi selambat-lambatnya  dalam waktu 1 (satu) hari kerja sejak pemberitahuan diterima.
  9. Petugas Informasi memberikan kesempatan bagi Pemohon apabila ingin melihat terlebih dahulu informasi yang diminta, sebelum memutuskan untuk menggandakan atau tidak informasi tersebut.
  10. Dalam hal Pemohon memutuskan untuk memperoleh fotokopi informasi tersebut, Pemohon membayar biaya perolehan informasi kepada Petugas Informasi dan Petugas Informasi memberikan tanda terima (Format Tanda Terima Biaya Penggandaan Informasi dalam Lampiran VII ).
  11. Dalam hal informasi yang diminta tersedia dalam dokumen elektronik (softcopy), Petugas Informasi pada hari yang sama mengirimkan informasi tersebut ke email Pemohon atau menyimpan informasi tersebut ke alat penyimpanan dokumen elektronik yang disediakan oleh Pemohon tanpa memungut biaya.
  12. Petugas Informasi menggandakan (fotokopi) informasi yang diminta dan memberikan informasi tersebut kepada Pemohon sesuai dengan waktu yang termuat dalam Pemberitahuan Tertulis atau selambat-lambatnya dalam jangka waktu 2 (dua) hari kerja sejak Pemohon membayar biaya perolehan informasi.
  13. Pengadilan dapat memperpanjang waktu sebagaimana dimaksud butir 12  selama 1 (satu) hari kerja apabila diperlukan proses pengaburan informasi dan selama 3 (tiga) hari kerja jika informasi yang diminta bervolume besar.
  14. Untuk pengadilan di wilayah tertentu yang memiliki keterbatasan untuk mengakses sarana fotokopi, jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam butir dapat diperpanjang selama paling lama 3 (tiga) hari kerja.
  15. Setelah memberikan fotokopi informasi, Petugas Informasi meminta Pemohon menandatangani kolom penerimaan informasi dalam Register Permohonan.

 


B. Prosedur Khusus

 Prosedur Pelayanan Khusus dan Jangka waktu Penyelesaian Pelayanan sebagaimana gambar berikut:

1. Pemohon mengisi formulir permohonan yang disediakan Pengadilan (format Formulir Pemohonan Model B dalam Lampiran VIII ).

2.   Petugas Informasi mengisi Register Permohonan (format Register Permohonan  dalam Lampiran IV ).

3.   Petugas Informasi dibantu Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait mencari informasi yang diminta oleh Pemohon dan memperkirakan biaya perolehan informasi dan waktu yang dibutuhkan untuk penggandaannya.

4.   Apabila informasi yang diminta telah tersedia dan tidak memerlukan ijin PPID, Petugas Informasi menuliskan keterangan mengenai perkiraan biaya perolehan informasi dan waktu yang dibutuhkan untuk penggandaannya dalam formulir permohonan yang telah diisi Pemohon (format Formulir Pemohonan Model B dalam Lampiran VIII ).

5.   Proses untuk pembayaran, penyalinan dan penyerahan salinan informasi kepada Pemohon dalam Prosedur Khusus, sama dengan yang diatur untuk Prosedur Biasa dalam butir 10 sampai dengan butir 15.

6.   Petugas Informasi memberikan kesempatan bagi Pemohon apabila ingin melihat terlebih dahulu informasi yang diminta, sebelum memutuskan untuk  menggandakan atau tidak informasi tersebut.


 

Berita Terbaru PA Batam

  (ACO) ACCESS CCTV ONLINE PA Batam
No Nomor Perkara Ruang Sidang Agenda
1 1962/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Penggugat dan Tergugat kenbali meminta waktu untuk mediasi lanjutan
2 175/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
3 1830/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) mendengarkan jawaban Termohon
4 10/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) panggil Tergugat
5 87/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) panggil Tergugat
6 30/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) panggil Tergugat
7 72/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) panggil Termohon
8 43/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) panggil Tergugat
9 105/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) panggil Termohon
10 93/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) memanggil Tergugat
11 62/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) memanggil Termohon
12 7/Pdt.P/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Musyawarah Majelis
13 42/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) memanggil Termohon
14 79/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) memanggil Tergugat
15 37/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) memanggil Tergugat
16 1875/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) kesimpulan Pemohon dengan Termohon
17 1879/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) kesimpulan Pemohon dan Termohin
18 1902/Pdt.G/2020/PA.Btm SIDANG IKRAR TALAK
19 168/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
20 164/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
21 134/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
22 143/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
23 149/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
24 153/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
25 139/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
26 144/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
27 130/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
28 129/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
29 120/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
30 115/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
31 1827/Pdt.G/2020/PA.Btm SIDANG IKRAR TALAK
32 119/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
33 109/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
34 114/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
35 104/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
36 9/Pdt.P/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
37 101/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
38 22/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) mendengarkan laporan hasil mediasi
39 97/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
40 1924/Pdt.G/2020/PA.Btm SIDANG PERTAMA PERMOHONAN VERZET
41 88/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
42 78/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
43 56/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
44 60/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
45 5/Pdt.P/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
46 38/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
47 1680/Pdt.G/2020/PA.Btm SIDANG IKRAR TALAK
48 31/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
49 706/Pdt.G/2020/PA.Btm SIDANG IKRAR TALAK
50 1758/Pdt.G/2020/PA.Btm SIDANG IKRAR TALAK
51 1867/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) mendengarkan laporan hasil mediasi